CARA MEMBUAT ANALISA
PASAR
Pertama, Anda harus menentukan kepada
siapa produk atau jasa perusahaan ingin ditawarkan. Hebat sekali jika seluruh
dunia menginginkan produk atau jasa Anda, tetapi hal tersebut tentu tidak
realistis. Sebagai contoh, jika Anda memproduksi komponen mobil, artinya pasar
sasaran Anda adalah orang-orang yang memiliki atau menangani mobil. Namun, jika
Anda adalah musisi yang khusus berkecimpung di musik anak-anak, pasar sasaran
Anda adalah orang tua yang memiliki anak-anak kecil, atau bahkan anak-anak itu
sendiri. [1]
·
Identifikasi pasar
sasaran akan membantu Anda menentukan cara beriklan dan memaksimalkan nilai
sumber daya pemasaran.
sumber pemerintah. Di AS beberapa
sumber yang dapat diandalkan di antaranya: [2]
U.S. Census
·
Banyak sumber daya internet yang tepercaya karena
berasal dari berbagai Ada Bureau, www.census.gov
·
www.business.gov, yang
berisi tautan menuju data-data terkait bisnis dalam lingkup negara bagian dan
nasional.
·
Bureau
of Labor Statistics, www.bls.gov
Identifikasi pasar sasaran membantu Anda memfokuskan sumber daya
pemasaran dan meningkatkan laba secara keseluruhan. Tujuan identifikasi bukan
untuk mengesampingkan siapa pun, melainkan mengenali pasar yang berpeluang
besar menjadi pelanggan. Karakteristik demografis terdiri dari usia, gender,
status perkawinan, ukuran keluarga, penghasilan, tingkat pendidikan, ras, dan
agama. [3]
·
Informasi demografis biasanya dapat ditemukan di internet berupa
kompilasi berbagai laporan dari pemerintah pusat. Anda bisa mencoba mencari
data di pangkalan data Badan Pusat Statistik di https://www.bps.go.id/
·
Jika Anda memasarkan produk atau jasa ke bisnis lain, informasi
demografis juga terdiri dari lokasi bisnis terkait, banyaknya cabang yang
dimiliki, pendapatan tahunan, jumlah karyawan, industri, dan seberapa lama unit
bisnis telah berjalan. Biasanya Anda bisa mengumpulkan data ini dari laporan
keuangan tahunan perusahaan yang dipublikasikan kepada umum. Coba kunjungi
situs perusahaan terkait, situs Bursa Efek Indonesia, atau hubungi langsung
perusahaan untuk memperoleh laporan keuangan bisnis terkait.
Informasi
psikografis menjelaskan perilaku, kepercayaan, emosi, dan nilai-nilai audiensi
Anda. Biasanya informasi ini menjawab pertanyaan “kenapa?” Kenapa seseorang
membeli sesuatu? Kenapa seseorang kembali ke suatu toko tertentu? Riset
psikografis terdiri dari tahap keluarga, hobi dan minat, jenis hiburan yang
digeluti, dan gaya hidup pasar sasaran Anda. [4]
·
Informasi psikografis sering kali ditemukan di dalam survei atau
grup fokus. Meskipun Anda bisa mencarinya sendiri, sebaiknya gunakan jasa perusahaan
riset pemasaran untuk membantu menyusun struktur survei, memilih kata-kata
untuk pertanyaan dengan cermat, dan terlibat dengan grup fokus dengan cara yang
efektif. [5]
·
Untuk bisnis, informasi psikografis dapat menyertakan nilai atau
moto, bagaimana penampilan perusahaan di hadapan pelanggan, dan seberapa
formal/informal lingkungan kerjanya. Anda bisa mengumpulkan sebagian informasi
ini dari observasi mandiri saat mengunjungi toko, atau dengan membaca ulasan
situs bisnis terkait. Anda juga bisa mengulas laporan keuangan tahunan lewat situs BEI.
Informasi
perilaku akan membantu Anda memahami alasan seseorang memilih suatu produk atau
jasa dibandingkan produk atau jasa lainnya. Informasi ini juga terdiri dari
seberapa sering pasar sasaran membeli, jumlah dan cara membeli produk atau
jasa, apakah penggunaan produk atau jasa berkaitan dengan acara tertentu, dan
seberapa lama pelanggan memutuskan untuk membeli produk. Dengan memanfaatkan
sumber daya di internet, pemasaran berdasarkan perilaku dapat menjadi alat yang
kuat dengan mengincar calon pelanggan secara individu. [6]
·
Tentukan seberapa penting loyalitas merek atau perusahaan kepada
pasar sasaran.
·
Cari tahu apakah audiensi lebih mengutamakan kemudahan, harga
yang terjangkau, atau kualitas.
·
Gunakan survey pasar untuk mengetahui cara pasar sasaran Anda
biasanya membayar produk atau jasa.
·
Tanyakan apakah pelanggan lebih memiliki interaksi antarmuka
atau belanja daring.
·
Untuk data jenis ini, Anda mungkin perlu melaksanakan penelitian
sendiri atau menggunakan bantuan jasa perusahaan riset. [7]
Komentar
Posting Komentar